SEMOGA DAPAT MEMBANTU ANDA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR... SEMOGA DAPAT MEMBANTU ANDA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR... SEMOGA DAPAT MEMBANTU ANDA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR...

Nama - Nama Asia Tenggara

 on Thursday 25 September 2014  

Asal Usul Nama Asia Tenggara dan Sub-Sub Asia Tenggara

Peta Asia Tenggara

1.    Southeast Asia (dalam bahasa Amerika), South East Asia (Inggris)
Istilah Asia Tenggara sebagai terjemahan dari Southeast Asia diciptakan oleh pihak Sekutu terutama Amerika Serikat untuk kepentingan mengatur strategi perang melawan jepang di Asia Pasifik. Istilah Asia Tenggara dipakai untuk sebutan atau nama bentangan suatu kawasan yang kini terdiri atas Negara Thailand, Burma (Myanmar), Vietnam, Laos, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Singapura, Philipina, Brunei Darusalam dan Timor Leste.
2.    Golden Chernonese (Semenanjung Emas)
Istilah ini diberikan oleh Claudius Ptolemy yang menamakan Semenanjung Malaysia karena reputasi Semenanjung Tanah Melayu yang pada waktu itu, sangat terkenal sebagai pembekal emas yang terkenal di seluruh dunia.
3.    India Belakang atau dalam bahasa Belanda adalah “Achter Indie”
Bagi bangsa Eropa semua yang terbentang antara Persia dan China adalah HINDIA. Maka dikenal sebutan India Depan untuk anak benua India dan India Belakang untuk kawasan Asia Tenggara.
4.    Further India (India Jauh)
Adalah istilah lama, sekarang jarang digunakan, untuk Asia Tenggara , terlihat pada masa kolonial dari Eropa sebagai bagian dari Timur Jauh melampaui benua India, tapi selatan Cina.
5.    Little Cina
Little Cina atau Cina Kacil merupakan nama yang dipakai untuk merupakan  nama yang digunakan untuk menyebut daerah yang banyak mendapat pengaruh kebudayaan Tiongkok, yaitu daerah Tongkin, Annam, dan Cochi-Cina yang kini mayoritan dari daerah tersebut termasuk wilayah kekuasaan negara Vietnam.
6.    Indo Cina
Adalah sebutan untuk Negara pertemuan antara dua budaya besar yaitu budaya India dan budaya Cina. Penamaan ini dilakukan oleh lembaga Prancis. Negara yang termasuk Indo Cina adalah Laos, Vietnam, dan Kamboja
7.    Netherland Indie / Hindia Belanda

Nama Hindia sendiri adalah sebutan orang-orang Eropa untuk wilayah Asia. Seiring pendudukan Belanda, nama itu berubah menjadi Hindia Belanda yang artinya Hindia yang milik Belanda. Dalam hal ini yang dimaksud adalah wilayah Indonesia.

Nama - Nama Asia Tenggara 4.5 5 Unknown Thursday 25 September 2014 Asal Usul Nama Asia Tenggara dan Sub-Sub Asia Tenggara Peta Asia Tenggara 1.     Southeast Asia (dalam bahasa Amerika), South Eas...


No comments:

Post a Comment


J-Theme