SEMOGA DAPAT MEMBANTU ANDA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR... SEMOGA DAPAT MEMBANTU ANDA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR... SEMOGA DAPAT MEMBANTU ANDA DAN JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR...

PENYAKIT LIVER | Kenali Gejalanya

 on Saturday 8 November 2014  


Menjaga kesehatan di tengah kesibukan yang menumpuk adalah prioritas yang harus Anda lakukan. Apalagi di cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Anda harus pandai menjaga dan mengatur pola makan serta olahraga dan istirahat yang cukup.
Kali ini Saya akan menjelaskan sedikit tentang penyakit liver, karena kemarin ada tetangga yang meninggal dunia akibat menderita penyakit liver. Jadi sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda. Penyakit hati dapat disebabkan oleh virus yang dikenal dengan penyakit hepatitis A, hepatitis B, atau hepatitis non A dan non-B. Selain itu, penyakit hati dapat pula berasal dari pola konsumsi makanan yang salah atau zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan cepat saji atau fast food.
Jadi, tanpa sadar liver Anda bekerja keras tiap hari. Baik karena pola hidup maupun pola makan yang tidak dapat sepenuhnya memenuhi standar konsumsi gizi seimbang. Liver merupakan organ penting yang membantu Anda dalam detoksifikasi, mengatur metabolisme tubuh dan membentuk  antibody untuk sistem pertahanan tubuh.
Mengenali gejala dan menjaga liver  tetap sehat :
a.       Mudah lelah dan lesu
b.      Mengalami depresi
c.       Nyeri di sisi kanan perut
d.      Nafsu makan hilang
e.       Mual, muntah, dan diare
f.       Warna kulit dan bola mata berwarna kekuningan atau bahkan kuning
g.      Kadang persendian terasa nyeri
h.     Air seni berwarna gelap, seperti air the

Penderita gangguan liver dianjurkan makan makanan yang dikukus atau direbus dan menghindari goreng-gorengan, karena lemak dapat merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi sakit. Juga perlu dihindari masakan yang terlalu banyak mengandung cuka, lengkuas, cabai, bawang, dan rempah-rempah, seperti merica, pala, dan ketumbarm karena bahan-bahyan tersebut dapat merangsang lambung, dan secara refleks hati menjadi nyeri. Menjaga liver agar tetap  sehat dapat dengan cara mengonsumsi obat tradisional seperti temulawak, sambiloto, kunyit, dan pegagan.
Beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebagai upaya pencegahan dan pengobatan untuk penyakit liver.
1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
2. Rajin mengkonsumsi air mineral minimal sehari 8-10 gelas
3. Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan bahan pengawet
4. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah
5. Istirahat yang cukup minimal 6-7 jam per hari
6. Olahraga yang teratur setiap harinya
7. Melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih dini dengan dokter terkait

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan liver. Jagalah kesehatan diri Anda untuk diri anda sendiri dan untuk keluarga serta orang-orang yang anda sayangi. Semoga artikel ini bermanfaat. Untuk info lebih lanjut silahkan berkonsultasi dengan dokter terkait.

PENYAKIT LIVER | Kenali Gejalanya 4.5 5 Unknown Saturday 8 November 2014 Menjaga kesehatan di tengah kesibukan yang menumpuk adalah prioritas yang harus Anda lakukan. Apalagi di cuaca yang tidak menentu seper...


No comments:

Post a Comment


J-Theme